SELAMAT DATANG

TERAPI KAUNSELING SK LEREH

TANJONG KLING, 76 400 MELAKA

Tel : 06-3154264
Faks : 06-3154919

‘Segala yang BAIK bermula di Bilik Kaunseling’

MENU

Saturday, August 27, 2011

TERAPI SENI 3

sehat dgn terapi seni 


Sihat Dengan Terapi Seni

SENI tidak harus selalu dikaitkan dengan seniman seperti penari, pelukis, atau penyanyi. Seni bersifat universal dan boleh digunakan oleh siapa saja termasuk Anda. Tidak hanya untuk memuaskan mata dan menyenangkan telinga, seni juga bisa menjadi ubat. Terapi seni atau yang dikenal dengan art therapy, boleh membantu Anda mengatasi trauma serta masalah tekanan mental lainnya. Seni merupakan hal yang menyenangkan dan menenangkan dan merupakan pereda stres yang hebat.
Jika Anda menderita trauma mental atau gangguan emosi, terapi seni ini bisa menjadi pilihan Anda. Terapi ini didasarkan pada keyakinan bahwa proses kreatif seperti menggambar, melukis, atau membuat kerajian lainnya bersifat menyembuhkan dan menguatkan kehidupan. Bagi beberapa orang, trauma psikologis boleh sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Kerana itu, terapi seni bisa menjadi sarana untuk menggambarkan emosi dan perasaan tersakiti yang terlalu menyakitkan jika diungkapkan dengan kata-kata.

Dengan mengikuti terapi ini, Anda akan diminta menggambarkan dan mengeluarkan fikiran dan emosi Anda melalui karya seni. Gambaran ini bisa dalam bentuk lukisan, gambar, seni pahat atau kreasi karya seni dari tanah liat. Selanjutnya, terapis akan mengajak Anda untuk mendiskusikan karya ciptaan Anda. Melalui proses ini, Anda akan diajak terbuka mengenai segala emosi dan perasaan-perasaan terpendam Anda. Melalui analisis ini, Anda bisa menggali perasaan dan menyelesaikan masalah tersebut dengan cara yang membangun dan tidak menakutkan bagi Anda.

Manfaat terapi ini sendiri telah dibuktikan secara ilmiah. Sebuah studi dari University of Granada di Spanyol membuktikan kalau terapi ini bisa membantu mengatasi gangguan mental. Elizaberta Perez, salah seorang peneliti, mengikuti perkembangan 20 pesakit penderita gangguan mental akut dari Therapeutic Community of the Northern Area of the Virgen de las Nieves Hospital of Granada selama lebih dari 1 tahun. Pasien tersebut secara sukarela mengikuti terapi seni selama 2 hari dalam seminggu. Selama mengikuti terapi, mereka mengadaptasi lukisan karya pelukis seperti Amedeo Modigliani, Edvard Munch, Vincent Van Gogh, serta menambah pandangan mereka juga.

Para pesakit menggunakan lukisan untuk menggambarkan keinginan terpendam, perasaan, serta emosi dari hati dan pikiran mereka. Selama proses ini, menurut Perez, para pasien bisa mengungkapkan perasaan dan emosi-emosi mereka. Dengan begitu, mereka bisa menghilangkan perasaan yang tidak mereka inginkan dan menyesuaikan dengan apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Berikut beberapa manfaat positif dari terapi seni:
Penyembuhan peribadi. Terapi seni bisa membantu Anda memahami perasaan pribadi Anda dengan mengenali dan mengatasi kemarahan, kekesalan dan emosi-emosi lainnya. Ini khususnya akan sangat membantu selama atau setelah mengalami insiden atau penyakit yang meninggalkan trauma. Terapi ini boleh membantu Anda menyegarkan kembali semangat Anda.

Pencapaian peribadi. Menciptakan sebuah karya seni boleh membangun rasa percaya diri dan memelihara rasa cinta dan menghargai diri sendiri.

Menguatkan. Terapi seni bisa membantu Anda menggambarkan emosi dan ketakutan yang tidak bisa Anda ungkapkan dengan kata-kata. Dengan cara ini, Anda lebih mampu mengawal perasaan-perasaan Anda.

Menenangkan dan meredakan stres. Stres kronik boleh membahayakan baik tubuh mahupun fikiran. Terapi seni bisa digunakan sebagai penanganan tunggal atau dipadukan dengan teknik penenang lainnya untuk meredakan stres dan kecemasan.
Meredakan sakit. Terapi seni juga bisa membantu Anda mengatasi rasa sakit. Terapi ini bisa digunakan sebagai terapi pelengkap untuk mengubati pesakit.

Terapi seni untuk anak
Tidak hanya membantu masalah mental orang dewasa, terapi ini juga bisa membantu anak-anak yang kekurangan kata untuk mengekspresikan diri mereka sepenuhnya. Anak-anak pada dasarnya sangat kreatif dan artistik. Mereka bisa dengan mudah menggambarkan perasaan dan emosi mereka melalui kreasi karya seni.

Dalam hal ini, terapi seni bisa digunakan sebagai alat komunikasi, lebih dari sekedar berbicara verbal. Anak-anak juga lebih mudah mengekspresikan kejadian-kejadian yang meninggalkan trauma melalui kreatif seni daripada menggunakan kata-kata. Melalui seni, kejadian traumatik yang sudah tersimpan di alam bawah sadar juga bisa kembali terangkat ke permukaan. Jika emosi sudah dilepaskan, maka proses pemulihan akan lebih cepat.

1 comment: